Servis AC Mobil : Mau Kuras AC Tanpa Harus Bongkar Dashboard? Ini Solusinya


Hai #SahabatRotary

Punya masalah dengan AC mobil Anda? Coba cek tulisan ini sebelum Anda pergi untuk servis ac mobil Anda.

Ada lima kebiasan buruk yang membuat AC mobil cepat rusak.

1. Sering merokok di dalam mobil.

Asap dan debu dari rokok bisa ikut masuk ke dalam filter. Hal ini akan membuat filter menjadi cepat kotor. Akhirnya pendinginan di dalam kabin menjadi kurang maksimal.

2. Membuka jendela mobil terlalu lama ketika AC menyala.

Kebiasaan yang sering dilakukan adalah membuka jendela terlalu lama ketika AC menyala. Hal ini bisa menyebabkan kinerja kompresor dalam membuat suhu ideal di dalam kabin jadi lebih berat dan akhirnya membuat AC mobil Anda lebih mudah rusak.

3. Menaruh Pewangi yang Kurang Tepat

Idealnya, pewangi dalam mobil memakai pewangi cair. JIka menggunakan pewangi gel, gel tersebut bisa berubah menjadi gas dan menguap. Ketika terkena dingin, uap tersebut bisa kembali lagi ke dalam bentuk gel dan berisiko menghambat filter serta evaporator dalam AC.

4. Mematikan mesin mobil ketika AC masih ON.

Kerugian mematikan mesin mobil saat AC masih menyala adalah nantinya, saat Anda menyalakan mesin mobil, otomatis AC mobil Anda akan langsung bekerja.

Ingat aki/accu akan bekerja ekstra keras saat mesin mobil baru pertama kali dinyalakan. Karena kinerja accu tidak bisa maksimum, arus listrik yang dihasilkan pun menjadi kurang stabil. Hal inilah yang akan mempengaruhi kelistrikan AC dan menyebabkan AC mobil Anda menjadi tidak awet dan lebih mudah bermasalah.

5. Meninggalkan sampah di kabin.

Kebiasaan meninggalkan sampah dan kotoran di dalam kabin dengan dalih lupa harus segera dihilangkan. Kenapa? Karena sampah dan kotoran yang Anda tinggalkan bisa membuat kabin lebih kotor dan berdebu. Debu-debu tersebut bisa terbawa masuk dan keluar filter AC dan hal ini akan membuat filter menjadi cepat rusak.

Tentu saja selama ini anda tahu kalau mesin mobil membutuhkan service rutin agar terhindar dari kerusakan. Tapi, ternyata tidak hanya mesin mobil saja, AC mobil kita juga membutuhkan perawatan agar tetap dingin dan berfungsi dengan baik.

Normalnya, untuk servis AC mobil, kita harus membuka dashboard mobil. Nah, sekarang ini, kita bisa melakukan perawatan untuk menguras AC mobil tanpa harus bongkar dashboard, dengan memanfaatkan adanya alat flushing.

Service tanpa bongkar dashboard bisa kita lakukan di bengkel khusus AC mobil yang menggunakan flushing machine atau alat canggih flushing. Alat ini bisa membuat service AC mobil mudah dan tidak memakan banyak waktu. Service khusus AC mobil memang kita butuhkan untuk menjaga kualitas dan kinerja AC mobil lebih baik.

servis ac mobilFlushing Machine Bengkel AC Mobil Depok 2

Service Tanpa Bongkar Dashboard Menggunakan Alat Flushing

Sistem pendingin kabin memang diketahui sangat krusial di iklim tropis Indonesia. Kabin mobil tanpa AC tentu akan terasa sangat panas. Yang mana dalam merawat sistem pendingin ini juga merupakan salah satu langkah tepat agar menghindarkannya dari kerusakan. Salah satunya adalah melakukan flushing refrigerant atau freon. Menguras cairan pendingin ini bisa dilakukan tanpa harus membongkar sistem AC mobil kita.

Namun, yang terpenting adalah dengan mengganti oli. Karena, seperti oli mesin, pelumas refrigerant tentu juga harus diganti. Mulai dari pengecekan hingga pembersihan sistem sirkulasi cairan refrigerant pada AC mobil bisa dimungkinkan dengan adanya mesin khusus.

Service AC mobil mudah dan cepat menggunakan mesin kooltec KT-007 yang memungkinkan kita untuk melakukan sirkulasi refrigerant serta menyedot oli pada saluran freon hingga bisa keluar seluruhnya. Oli yang sudah terpakai sendiri juga biasanya akan berwarna kuning pekat padahal pelumas baru tentunya berwarna bening. Bayangkan jika kita terus memakainya, maka hal ini bisa saja melukai komponen jeroan dari kompresor AC atau komponen lainnya di saluran AC mobil kita.

Sebelum flushing dilakukan, nantinya akan lebih dahulu dilakukan pengecekan kebocoran dan kemurnian refrigerant. Dengan menggunakan alat flushing, kita bisa melakukan deteksi dengan techno tools D-440A. Caranya bisa lebih mudah, yaitu dengan mendekatkan pada semua saluran yang dilewati refrigerant, freon bocor bisa terdeteksi dalam radius satu meter.

Sementara untuk kemurnian refrigerant juga bisa dilakukan dengan menghubungkan Neutronics Ultima ID Refrigerant Identifier. Menggunakan alat ini nantinya bisa terdeteksi jenis refrigerant R134a atau R12, dan juga adanya kandungan air. Jika ada kontaminasi R12, refrigerant tidak akan digunakan lagi.

Masalah seputar AC mobil memang beragam. Bisa karena AC mobil yang tidak dingin, AC mobil berisik, bau dan lain sebagainya. Kuras refrigerant dan olinya yang mana mesin bisa bekerja secara otomatis. Mesin akan melakukan flushing refrigerant dan oli. Kemudian recovery, vacuum dan charging.

Flushing ini memang direkomendasikan untuk dilakukan per 20.000 km atau setiap tahun. Tujuannya adalah untuk menjaga performa AC mobil kita. Biayanya pun tidak membuat kita cekak, cukup ramah di kantong. Sekitar 900 ribu rupiah saja untuk mobil Jepang. Walaupun memang harga ini relatif lebih tinggi daripada servis besar di bengkel khusus AC mobil yang membongkar keseluruhan komponen. Tapi keuntungan dari flushing ini dilakukan adalah kita dapat melakukan servis AC mobil tanpa harus membongkar dashboard dan dapat menghemat waktu kita. Siapa yang tidak mau jika kita bisa menghemat waktu dan tenaga bersamaan?

Menggunakan alat flushing tentu akan sangat membantu kita dalam melakukan service AC rutin. Selain itu, flushing machine ini juga bisa membersihkan dan men-service AC mobil lebih maksimal. Bengkel khusus AC mobil akan memberikan yang terbaik untuk AC mobil kita asalkan dengan alat flushing yang canggih. Melakukan service AC mobil memang harus rutin. Tak lain karena untuk menjaga kestabilan dan juga kinerja AC mobil dengan baik.

Kalau sudah service AC mobil memakai Flushing Machine, sebaiknya sempurnakan dengan menggunakan Cooling Machine.


 

Apa itu Cooling Machine?

Mesin yang satu ini memiliki fungsi untuk membersihkan evaporator di semua mobil tanpa harus melakukan pembongkaran dashboard yang justru akan memakan waktu sangat lama. Mesin ini bisa dilengkapi dengan alat ozonisasi yang bisa membunuh bakteri dan juga serangga yang ada dalam mobil.

Cooling machine mampu melakukan pembilasan dan pembersihan dengan kapasitas air antara 10 hingga 20 liter dan menggunakan tekanan air yang cukup tinggi. Berbeda dengan mesin yang sudah ada sebelumnya. Kita bisa lebih menghemat waktu service menggunakan Flushing Machine dan Cooling Machine ini. Lagi-lagi alat untuk menghemat waktu kita dalam men-service ac mobil kita. Tentu saja hal ini akan sangat cocok untuk kita yang punya waktu terbatas dengan mobilitas yang tinggi.

Nah, selanjutnya, cara kerja dari Cooling Machine ini juga tergolong simple. Sangat pas jika dipadukan dengan Flushing Machine. Mesin yang bekerja dengan automatic serta setiap mobil hanya dapat menggunakan satu obat pembersih khusus. Obat ini dilengkapi barcode sehingga hanya bisa digunakan untuk satu mobil saja. Kombinasi dan inovasi canggih ini membantu anda dalam merawat AC mobil agar tetap memiliki performa yang prima.

Dengan menggunakan Flushing Machine dan Cooling Machine sebagai kombinasi canggih yang membuat AC mobil terawat sempurna. Tak membutuhkan waktu lama lagi. Sebab, untuk melakukan pembersihan kontaminasi bakteri atau kotoran, flushing tidak perlu membongkar dashboard. Belum lagi dengan adanya Cooling Machine yang juga cocok untuk menghemat waktu dalam proses servis AC mobil kita. Jangan lewati waktu service AC mobil kita agar tak mengalami kerusakan nantinya.

Apa manfaatnya jika saya menggunakan cooling machine?

  1. Service AC Mobil Menjadi Lebih Mudah
    Service AC mobil menggunakan cooling machine tentu menjadi lebih mudah. Sebab, mesin ini berfungsi membersihkan evaporator pada semua mobil tanpa melakukan pembongkaran dashboard yang memakan waktu lama. Layanan ini bisa memudahkan konsumen yang tidak ingin berlama-lama dalam melakukan service AC mobil. Tidak semua bengkel AC mobil memiliki cooling machine, jadi hanya bengkel terbaiklah yang menyediakan layanan service AC dengan teknologi cooling machine.
  1. Menjamin Kebersihan Mobil Anda
    Cooling machine merupakan mesin yang dilengkapi dengan alat ozonisasi dan bisa membunuh bakteri serta virus yang ada di dalam mobil Anda. Alat canggih yang akan memudahkan perawatan AC mobil serta menjamin kebersihan mobil di bagian dalam sekalipun. Cooling machine, alat canggih yang bisa digunakan utnuk melakuakn service rutin AC mobil Anda dengan lebih efektif dan efisien.
  1. Membersihkan dan Mencuci Evaporator AC Mobil Tanpa Ribet Bongkar
    Mesin yang satu ini juga dirasa berbeda dengan lainnya karena teknisi tidak akan membongkar dashboard Anda. Mesin mampu melakukan adanya pembilasan atau pembersihan dengan kapasitas air antara 10 hingga 20 liter. Cara yang berbeda dengan mesin yang ada di bengkel lain, karena tidak semua bengkel menyediakan teknologi cooling machine.
  1. Service AC Mobil Lebih Cepat
    Dengan menggunakan teknologi ini, Anda dapat menghemat waktu dalam proses pengerjaannya, karena tanpa membongkar dashboard mobil Anda. Membersihkan AC mobil Anda menjadi lebih cepat tanpa mengharuskan mobil menginap. Cooling machine membuat waktu pengerjaan lebih cepat dan hemat.
  1. Bekerja Otomatis
    Cooling machine juga bekerja secara otomatis dan tiap kali digunakan pada mobil menggunakan obat pembersih khusus yang ber-barcode, sehingga 1 obat hanya bisa digunakan untuk 1 mobil saja. Mampu membersihkan dan merawat evaporator AC mobil secara menyeluruh. Cara kerja yang cepat dan memudahkan anda untuk melakukan service AC mobil tanpa ribet lagi.

Nah, selain menghemat waktu dan tenaga, teknologi flushing machine dan cooling machine juga dapat mencegah kerusakan di bagian dashboard mobil.
Banyak faktor yang bisa membuat dashboard mobil menjadi rusak. Mulai dari sering terkena sinar matahari hingga kerap dibongkar pasang untuk keperluan pengecekan kondisi airbag, sampai servis AC mobil.

Nah, kerusakan yang sering dialami dashboard berbahan dasar plastik dan semi kulit adalah retak-retak serta lecet. Tapi, di beberapa mobil ada juga bahan dashboard yang lembek karena faktor umur dan cuaca.

Pemilik bengkel reparasi dashboard, Alpinne Dashboard, Thowi Setiabudi mengatakan, proses pengerjaan reparasi dashboard tidak semua dilakukan dengan cara yang sama.

Alasannya, penyebab kerusakan bisa berbeda-beda. Namun secara umum, ada dua cara yang biasa ia lakukan untuk menyulap dashboard rusak menjadi mulus kembali.

Untuk proses pengerjaan dashboard yang sudah lembek, butuh dilakukan pelapisan ulang. Artinya, bagian atas dashboard dilem untuk mengeraskan bidangnya, setelah itu diratakan dan dilapisi bahan semi kulit baru yang motifnya mirip.
Pelapisan dengan bahan semi kulit ini juga menggunakan bahan lokal, dan dilakukan jika dashboard mobil tersebut dari pabriknya memang sudah dibungkus kulit, seperti Toyota Prado dan mobil-mobil premium lainnya.

“Kalau menghilangkan lecet-lecet, kena parfum atau bekas airbag meledak, beda lagi caranya. Kami ada cat plastik, sama seperti aslinya. Kami cat motif atau urat-urat sesuai asli pabrikan,” jelasnya.

Dashboard mobil adalah bagian dalam interior yang sering menjadi perhatian saat berkendara, yang mana Anda dapat menemukan panel indikator kendaraan maupun batas antara pengendara dengan bagian depan mobil. Namun, bagaimana reaksi Anda saat mendapati dashboard mobil retak?

Dashboard retak sering menjadi salah satu masalah utama mobil yang sudah berusia di atas lima tahun. Pada umumnya, ini terjadi pada dashboard mobil yang terbuat dari material plastik yang sering terpapar sinar matahari langsung ataupun berada pada suhu kabin yang tinggi.

Jika dashboard mobil Anda mengalami hal ini, Anda tidak perlu cemas. Cukup ikuti tips otomotif mengenai empat langkah di bawah ini untuk memperbaiki dashboard mobil Anda.

  1. Cairan Pengisi Khusus Dashboard
    Anda dapat menggunakan cairan pengisi khusus dashboard. Cairan ini cukup mudah ditemukan di toko otomotif dan bengkel. Anda pun dapat memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan karena cairan ini memiliki beragam warna.

  2. Pelapis Dashboard
    Menggunakan pelapis dashboard juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi dashboard mobil yang retak. Pelapis ini juga mudah ditemukan pada toko variasi jok dan sama seperti cairan pengisi khusus dashboard, serta memiliki warna yang beragam. Namun, untuk menggunakannya, Anda perlu berhati-hati agar pelapis tidak menutupi airbag mobil Anda yang dapat mengganggu keselamatan saat terjadi kecelakaan.

  3. Cairan Pembersih Khusus Dashboard
    Cara lainnya adalah dengan menggunakan penyedot debu, kemoceng, atau kain lap bersih dengan permukaan yang halus sehingga tidak meninggalkan lecet pada dashboard mobil. Anda juga dapat menyemprotkan cairan pembersih khusus dashboard. Sangat disarankan pula untuk memilih cairan lotion dan menghindari cairan yang mengandung silikon, agar warna pada permukaan dashboard tidak berubah.

  4. Mengganti Dashboard
    Cara terakhir adalah dengan mengganti seluruh dashboard dengan yang baru. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang lebih besar dibanding cara lainnya, tetapi cara ini memiliki tingkat kepuasan tersendiri.

Memperbaiki dashboard mobil rusak tidak terlalu sulit. Cara tersebut juga dapat Anda implementasikan pada city car terbaik milik Anda. Dengan begitu, tampilan interior mobil Anda tetap terlihat elegan dan menarik.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.


Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

Cooling MachineEvaporator AC mobilFlushing MachineKompresor AC Mobilservice ac mobiltanpa harus pembongkaran dashboard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *