Service AC Mobil Terdekat: Ganti Komponen Tambahkan Oli Kompresor

Service AC Mobil Terdekat karya ben white

Hai #SahabatRotary

Sudah pernah service AC mobil terdekat di lingkungan Anda?

Sebelumnya sudah pernah  service AC mobil belum?

Service rutin untuk AC mobil memang dibutuhkan agar mencegah adanya kerusakan pada komponen di dalamnya. Jika sudah rusak, tentu akan mempengaruhi kinerja AC mobil yang menjadi tidak maksimal. Masalah AC mobil bisa disebabkan karena berbagai macam hal seperti penggunaan yang tidak benar, terkena asap rokok dan lain sebagainya. Bisa juga karena oli kompresor AC mobil yang tidak dicek atau diganti. Inilah alasan mengapa service rutin AC mobil perlu dilakukan. Alangkah baiknya jika Anda memiliki tempat service AC terdekat di lingkungan Anda yang bisa diandalkan.

Kompresor AC mobil bukanlah komponen yang asing lagi di telinga kita. Kita sering mendengar namanya karena kompresor merupakan bagian penting pada AC mobil. Kompresor berfungsi untuk memompa dan menghisap refrigerant, bisa juga memberi sirkulasi ke bagian freon, yang kemudian diteruskan ke bagian AC mobil.

Kompresor dapat dikatakan sebagai komponen yang mutifungsi yang dapat digunakan dalam tekanan tinggi maupun tekanan rendah. Saat mesin berada dalam tekanan tinggi, kompresor bekerja untuk menekan freon. Sedangkan pada tekanan rendah, kompresor akan menghisap freon tersebut. Sehingga tidak ada lagi namanya sirkulasi udara panas selama berada di dalam kabin.

Tahukah anda bahwa setelah mengganti komponen AC mobil, penting juga untuk menambahkan oli kompresor. Hal ini berguna untuk meningkatkan kinerja komponen lainnya agar AC mengeluarkan udara sejuk dan dingin. Berikut beberapa ulasan atau penjelasan yang bisa anda simak untuk mengetahui mengapa service AC mobil secara rutin memang benar-benar dibutuhkan.

Ini Dampak Oli Kompresor AC Jarang Diganti

Sebagian orang tidak mengetahui dan memperhatikan pelumas kompresor AC juga penting untuk diganti. Maka untuk menjaga mobil agar selalu berada dalam top performa, salah satunya adalah dengan melakukan penggantian oli mesin secara rutin. Namun, sebagian orang tidak mengetahui dan memperhatikan pelumas kompresor AC juga penting untuk diganti.

Jika saat berkendara terdengar suara seperti ‘ngorok’, mungkin itu dampak jika oli kompresor AC tidak pernah diganti. Selain itu, dampak apalagi yang akan menggerogoti mesin mobil jika oli tersebut tidak pernah diganti?

Oli kompresor AC perlu diganti secara berkala. Biasanya, usia pakai kompresor untuk kompresor AC car passanger adalah 5.000 jam. Saat sudah 5.000 jam atau sekitar 1,5 – 3 tahun, anda wajib melakukan pengecekan, seperti overhaul check, yaitu pengecekan keseluruhan kompresor yang serupa medical check up bagi kompresor.

Selain melakukan pengecekan secara berkala, ada yang perlu diperhatikan lagi agar oli kompresor AC tetap bekerja optimal. Misalnya, pada saat penggantian dryer, oli tidak ditambah dan hasilnya oli berkurang atau dapat habis sama sekali.

Selain itu, bisa saja karena lalai saat melakukan proses penggantian part yang dilakukan secara tidak benar sehingga jumlah oli yang ada di dalam kompresor berkurang. Hal tersebut juga bisa menyebabkan berkurangnya usia pakai kompresor karena proses pelumasan pada kompresor berkurang.

Setiap jenis oli memiliki karakteristik tertentu, termasuk juga pada oli kompresor. Karakteristik oli kompresor yaitu ikut bersirkulasi di dalam kompresor AC. Artinya, ketika refrigerant berbentuk gas, oli kompresor harus berbentuk gas. Ketika refrigerant berbentuk cair, maka oli kompresor juga harus berbentuk cair.

Artinya, ketika kembali ke kompresor, wujud oli harus berbentuk gas, apabila oli kompresor masih berwujud cair, maka dapat terjadi kerusakan pada kompresor tersebut. Berbeda dengan oli mesin yang karakteristiknya hanya berfungsi sebagai pelumas saja untuk melumasi mesin kendaraan.

Sebenarnya, yang perlu digarisbawahi adalah bahwa titik krusial pada kompresor terletak pada olinya, terutama pada takaran dan jenis/spesifikasinya.

Oli mesin misalnya pada motor, masih bisa dicampur apa saja, misalnya minyak tanah dan solar, atau bensin. Sedangkan oli kompresor tidak bisa di campur sama sekali karena akan berubah fungsi, bukannya melumasi, campuran tersebut akan menjadi material keras serupa kerikil yang dapat membuat mesin tergores (baret) sehingga menimbulkan noise di kompresor. Akibatnya, kompresor menimbulkan suara berisik (ngorok).

Seiring waktu, volume dan kualitas atau kemampuan oli kompresor AC akan berkurang. Apabila proses pelumasan di kompresor AC berkurang maka dapat menimbulkan suara ngorok dan kompresor panas.

Fungsi Oli Kompresor Pada AC Mobil

Kenyataannya, kompresor bukanlah komponen yang bekerja sendiri. Artinya kinerja kompresor ditentukan oleh komponen-komponen lainnya. Salah satunya adalah oli. Oli pada kompresor AC berfungsi sebagai pelumas bagi kompresor AC sehingga kompresor jauh dari kerusakan. Selain itu, oli kompresor juga berfungsi untuk meredam bunyi keras pada saat mobil dioperasikan. Apabila Anda mendapati bunyi-bunyi aneh saat mobil dioperasikan, itu merupakan salah satu tanda bahwa ada yang tidak beres pada bagian kompresornya.

Ada dua hal yang menyebabkan bunyi aneh keluar dari kompresor, yaitu kompresor AC yang kehabisan oli dan kompresor yang mengalami kebocoran. Saat oli kompresor habis, terjadi gesekan kuat antara komponen kecil di dalam kompresor. Kinerja kompresor juga semakin buruk karena tidak ada “makanan” untuk peremajaan. Kompresor bocor juga demikian. Bayangkan saja saat Anda menuang oli pada kompresor bocor, otomatis tidak ada oli yang tinggal di bagian kompresor tersebut.

Penambahan Oli Kompresor Setelah Ganti Komponen AC Mobil

Pada sistem AC mobil, khususnya kompresor, ada pelumas atau oli seperti halnya oli pada mesin, transmisi ataupun differential. Oli pada kompresor juga memiliki fungsi yang sama yaitu agar bisa melumasi komponen pada kompresor yang bergerak dan saling bergesekan. Tujuannya jelas untuk melapisi membentuk oli film sehingga tidak terjadi gesekan antara besi dan besi yang bisa menyebabkan aus pada komponen kompresor.

Masalah AC mobil bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa disebabkan oleh oli kompresor, kompresor, dan komponen AC mobil lainnya. Untuk mencegah AC mobil bermasalah, anda bisa melakukan service khusus AC mobil. Service tersebut seharusnya memang dilakukan secara rutin.

Kompresor akan berfungsi normal apabila oli kompresor ikut larut dan bersirkulasi bersama dengan refrigrant di dalam sistem AC. Maka dari itu, kualitas dan jumlah oli kompresor sangat penting untuk diperhatikan. Yang paling penting adalah jumlah oli harus sesuai dengan spesifikasi yang ada.

Sementara pada sistem AC mobil yang menggunakan freon atau refrigerant jenis R134a, oli kompresor ini tidak boleh diganti atau bahkan dicampur menggunakan oli yang digunakan pada sistem AC refrigerant R12. Apabila anda membawa ke bengkel khusus AC mobil, mekaniknya akan tahu oli yang digunakan untuk jenis tersebut apa. Kuantitas oli sendiri memang harus sesuai dengan spesifikasi yang mana karena apabila tidak sesuai, maka bisa mengakibatkan gesekan yang berlebihan antara komponen yang ada di kompresor dan dapat mempercepat keausan.

Hal ini juga bisa menjadi penyebab masalah AC mobil yang berisik dan juga membuat komponen AC mobil tidak lagi berjalan optimal. AC mobil pun menjadi tidak dingin seperti yang seharusnya. Apabila kita bandingkan antara oli kompresor dengan refrigerant maka oli kompresor AC mobil ini memiliki ciri khas yaitu sifatnya yang lebih sulit untuk menguap. Sementara refrigerant sifatnya mudah menguap. Karena perbedaan inilah, saat dilakukan suatu perbaikan, entah itu penggantian atau pelepasan komponen AC mobil, maka sebaiknya freon di komponen tersebut, yang mana sifatnya lebih mudah menguap sebaiknya dilepas terlebih dahulu.

Hal yang penting yang perlu diperhatikan dalam masalah AC mobil adalah jika anda ingin mengganti atau membongkar kompresor, maka oli yang ditambahkan adalah sama dengan jumlah oli yang ada di kompresor yang sudah kita lepas atau bongkar. Service khusus AC mobil memang dibutuhkan agar bisa memberi perawatan yang maksimal untuk tiap komponen AC mobil. Anda bisa mempercayakannya pada bengkel khusus AC mobil yaitu Rotary Bintaro. Service rutin AC mobil anda akan terasa semakin mudah dengan adanya layanan home service. Tinggal menelpon bengkel khusus service AC, maka mekanik akan datang dan melakukan perbaikan atau perawatan pada AC mobil anda.

Service AC Mobil Terdekat karya ben white

Bagaimana Cara Mengganti Oli Kompresor AC Mobil?

Mengganti dan menambah oli kompresor AC mobil merupakan dua pekerjaan yang berbeda. Mengganti oli berarti menukar oli kompresor lama ke oli kompresor baru. Sedangkan menambah oli berarti pengisian kembali dalam takaran tertentu.

Proses mengganti oli kompresor bisa dibilang cukup rumit. Sebagai masyarakat awam, anda kemungkinan besar tidak mampu melakukannya sendiri sehingga membutuhkan teknisi mobil. Oleh karenanya, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat untuk proses perbaikan yang lebih cepat.

Adapun cara mengganti oli kompresor AC mobil yang pasti Anda temukan di bengkel, antara lain:

  • Pertama-tama, freon AC dikosongkan terlebih dulu. Untuk mengosongkannya, teknisi akan mengangkat freon dan memindahkannya ke tempat yang aman.
  • Lalu teknisi akan membuka bagian kompresor AC mobil, lalu mengosongkan bagian kompresor dengan cara membalikkan atau memutar bagian oli kompresor agar semua oli tumpah ke lantai. Cara ini hanya dapat dilakukan ketika takaran oli di dalam kompresor sebesar 100 cc.
  • Teknisi kemudian akan mengambil oli baru yang sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda.
  • Selanjutnya pengisian oli dilakukan melalui lubang saluran tekanan terendah yang terdapat pada kompresor.

Proses penggantian oli kompresor cukup mudah, kan? Memang, tapi Anda tetap harus menyerahkannya ke orang yang lebih profesional. Kenapa? Karena alat-alat pembongkaran oli kompresor yang dimiliki oleh bengkel jauh lebih lengkap dibandingkan alat-alat yang Anda miliki.

Sebelum mengganti kompresor AC mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar AC kompresor yang diganti benar-benar asli, bukan barang palsu. Adapun poin-poinnya, antara lain:

  • Memperhatikan ketersediaan kompresor AC di pasaran. Ada dua jenis kompresor yang paling diminati oleh pemilik mobil, yaitu merk Denso dan Sanden.
  • Memastikan kompresor AC mobil sesuai dengan tipe mobil Anda. Kalau ukuran kompresor ternyata tidak sesuai dengan tipe mobil Anda, dapat dipastikan kompresor tidak dapat dipasang dan tidak berfungsi dengan baik.
  • Memperhatikan garansi dari kompresor AC mobil. Jadi, saat kompresor bermasalah setelah 2 minggu pemakaian, Anda bisa menghubungi pihak bengkel dan memberitahukan kerusakan ini. Sehingga Anda mendapatkan kompresor AC mobil yang baru lagi.
  • Memastikan keaslian dari kompresor karena banyak oknum yang tidak bertanggungjawab yang ingin mencari keuntungan dari ketidaktahuan konsumen.

Jangan lupa, perlu dipastikan bahwa kompresor sedang tidak digunakan saat penggantian oli AC mobil sedang berlangsung.

Apa Resiko Menggunakan Kompresor Saat Mengganti Oli?

Semua pemilik kendaraan sudah mengetahui kewajibannya untuk selalu mengganti oli mesin secara berkala, sesuai jarak atau waktu. Karena dianggap sebagai hal yang biasa dilakukan, pemilik kendaraan dapat melakukannya sendiri atau menggunakan jasa bengkel ataupun tempat service AC mobil terdekat non resmi.

Meski demikian, tak sedikit pergantian oli di bengkel non resmi dilakukan dengan cara kurang tepat, yakni menggunakan tekanan angin dari kompresor. Cara ini memang ampuh mengeluarkan sisa oli dari ruang mesin, namun ada konsekuensi yang harus di tanggung jika teknik ini sering dilakukan.

Teknik menguras oli dengan kompresor memiliki efek samping yang berisiko tinggi. Udara atau angin bertekanan tinggi saat disemprotkan ke dalam ruang mesin mungkin saja mengandung uap yang bisa berubah menjadi tetesan air dalam suhu tertentu.

Uap biasanya berasal dari tabung kompresor yang tidak diketahui karena umumnya tidak terlihat. Uap yang menjadi air, walaupun hanya sedikit, akan tetap berbahaya karena air dan oli tidak dapat menyatu.

Efek yang ditimbulkan cukup banyak, yang paling ditakutkan adalah menyebabkan mesin jebol.

Tidak hanya uap, tekanan angin pada kompresor juga berisiko melepas kotoran yang sudah tersaring pada filter oli. Rata-rata jenis kotoran di mesin berbentuk partikel yang ukurannya kecil. Jika tersemprot, kotoran tersebut justru bisa kembali lepas dan akhirnya menempel ke sela-sela komponen mesin.

Service AC Mobil Terdekat yang Resmi atau Murah?

Melihat penjelasan di atas, sebaiknya

  • Mulailah dari sekarang selalu melakukan cek berkala di bengkel resmi.
  • Pilih bengkel atau tempat service AC mobil terdekat dan terpercaya, yang mengerti benar perawatan dan perbaikan kendaraan dengan teknik yang benar, termasuk saat mengganti oli kendaraan.

Yang resmi memang cenderung mahal, tapi lebih baik menjaga untuk menghindari kerusakan atau hal lain yang tidak diinginkan.

Nah, setelah sudah rinci dijelaskan tentang kompresor AC mobil. Maka selanjutnya adalah cara mudah untuk perawatan dan perbaikannya menggunakan dua alat canggih yaitu Flushing Machine dan Cooling Machine. Bengkel AC mobil Rotary Bintaro yang akan membuka cabang di depok sudah memiliki kedua alat canggih ini.

Flushing Machine dan Cooling Machine akan membuat proses service AC mobil terasa lebih efisien. Flushing Machine digunakan teknisi untuk menguras dan mengganti oli serta freon. Flushing Machine dilengkapi teknologi komputerisasi sehingga memudahkan proses service tanpa merusak komponen.

Sedangkan Cooling Machine, digunakan teknisi bengkel spesialis AC mobil untuk membersihkan evaporator di semua mobil tanpa harus melakukan pembongkaran dashboard. Ini penting mencegah kerusakan dan service tidak lagi makan waktu lama. Cooling Machine dilengkapi alat ozonisasi untuk membunuh bakteri dan juga serangga yang ada dalam mobil.

Cooling machine bisa digunakan untuk pembilasan dan pembersihan AC mobil. Kapasitas airnya antara 10-20 liter. Tekanan airnya juga cukup tinggi. Ini yang membuat perbedaan sama mesin yang sudah ada sebelumnya. #SahabatRotary bisa lebih menghemat waktu service memakai Flushing Machine dan Cooling Machine ini.

Jangan lewati waktu service AC mobil anda agar tak mengalami kerusakan nantinya. Selamat mencari tempat service AC mobil terdekat yang dapat diandalkan. Oh iya untuk #SahabatRotary yang menjadi pelanggan bengkel AC mobil depok ada berita baik nih. Rotary Bintaro akan segera membuka cabang disana.

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Blog

ac mobilFungsi Oli KompresorGanti Komponen AC MobilKompresor AC MobilOli Kompresorservice ac mobilService AC mobil terdekatSpare Part AC Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *