Manfaat Rutin Service di Bengkel Mazda

Hai #SahabatRotary

Jika Anda memiliki mobil Mazda, melaukan perawatan atau service rutin di bengkel Mazda pasti bukan hal yang asing bagi Anda.

Memang tidak sedikit orang mengesampingkan perawatan mobil atau service rutin. Padahal, memiliki mobil tidak hanya mengisi bahan bakar, Anda juga harus rutin mengganti oli serta melakukan service rutin jika ingin mobil tetap awet dan mudah menyala.

Kesibukan yang sangat padat sering menjadi alasan jarang melakukan service rutin mobil kesayangan ke bengkel Mazda. Service merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa terlalu sering ditjnda. Service rutin tidak hanya bertujuan buat mengisi catatan buku perawatan mobil saja.

Tapi lebih dari itu, service rutin harus dilakukan jika ingin mobil kesayangan tetap memiliki performa yang baik. Jika sahabat rotary rajin melakukan service mobil dengan rutin, tentu saja mobil akan terus prima dan tidak perlu takut untuk dikendarai jarak jauh.

Sahabat totary tentu paham jika setiap komponen pada mobil mempunyai masa pemakaian yang terbatas. Sehingga, saat Anda melakukan service rutin mobil, Anda akan tahu komponen apa saja yang perlu diganti ataupun perlu untuk dibersihkan. Walaupun mobilmu jarang Anda gunakan, service rutin harus tetap dilakukan.

Apakah service rutin mobil sangat penting dilakukan? Jawabannya adalah Iya, berikut beberapa manfaat yang akan Anda rasakan jika melalukan service dengan rutin.

Kondisi kendaraan akan selalu dalam performa maksimal

Seiring penggunaan mobil mazda, tentu saja ada komponen kendaraan yang berubah bahkan aus. Beberapa komponen ini seperti kampas busi yang aus, rem yang semakin tipis, saringan udara yang kotor serta masih banyak komponen lainnya.

Saat kamu melakukan service mobil secara berkala, komponen-komponen akan dibersihkan, dilakukan penyetelan ulang bahkan akan diganti agar mobil mazda bisa kembali optimal. Jangan pernah kamu menggunakan komponen yang sudah tidak layak pakai, karena hal ini justru akan merusak mobil kesayanganmu.

Berkendara menjadi lebih nyaman dan aman

Dengan dilakukannya service mazda berkala, maka kondisi kendaraan yang sebenarnya dapat kamu ketahui secara menyeluruh. Hal ini sangat penting karena didalam mobil ada beragam sistem dan komponen saling berkaitan satu sama lain. Misalkan saat kamu tahu sistem rem bekerja dengan baik, sahabat rotary tidak perlu khawatir saat mengendarai mobil mazda. Dengan mengetahui kondisi mobil mazda yang sebenarnya, berkendara akan jadi lebih nyaman serta aman sampai tujuan.

Mengurangi pembebanan biaya yang lebih besar

Saat kamu melakukan service mobil berkala, biasanya akan dilakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi kendaraan. Jika ada komponen yang rusak dan perlu segera diganti,  biasanya dari pihak bengkel mobil Mazda meminta persetujuan kepada pemiliknya terlebih dahulu. Service mobil menjadi sangat penting karena bisa mendeteksi sejak awal sebelum kerusakan jadi lebih besar dan merusak komponen lainnya. Kalo sudah tau kondisi tersebut, Sahabat rotary bisa mengatur pengeluaran penggantian komponen rusak.

Mengurangi resiko kendaraan tiba-tiba mogok di perjalanan

Saat mobil tiba-tiba mogok ketika sedang melakukan perjalanan, tentu menjadi hal yang paling kamu hindari bukan? Apalagi kalo ternyata yang menyebabkan mobil mazda mogok dikarenakan kondisi aki yang sudah lemah, dan sistem pengisian yang ga normal, kopling yang sudah habis, atau diakibatkan aliran bahan bakar yang tidak lancar serta berbagai masalah lainnya. Hal-hal seperti ini bisa kamu alami jika tidak ke bengkel mazda secara berkala ini dikarenakan hal-hal yang bisa menimbulkan masalah pada mobil dapat terdeteksi lebih awal, dan resiko mobil mazda mogok akan terhindari.

Umur kendaraan menjadi lebih lama

Umur kendaraan juga akan jadi tahan lama jika kamu rajin membawa mobil kesayanganmu ke bengkel mazda. Seperti sudah dijelaskan di atas, melakukan servis mobil dapat mendeteksi kerusakan komponen sehingga kerusakan ga menyebar.

Nilai jual mobil menjadi tinggi

Tanpa kamu sadari, rutin melakukan service mobil secara berkala mobil bisa membuat nilai jual mobil tinggi lho. Ketika kamu ingin menjual mobil yang kamu miliki, kamu bisa menyatakan ke pembeli bahwa mobil yang kamu miliki selalu mendapatkan perawatan mobil terbaik dan selalu rutin service dengan memberikan bukti buku service. Selain itu. Pembeli juga sudah pasti akan merasakan mobilmu dalam performa yang optimal.

Mematuhi persyaratan peraturan yang berlaku

Secara umum, selama pemilik kendaraan bisa mengemudikan kendaraannya dijalan umum masih ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Misalkan untuk menekan polusi, ada aturan yang mengharuskan pemilik kendaraan rutin melakukan uji emisi. Uji ini bisa dilakukan di dealer yang ditunjuk atau pada instansi pemerintah. Apabila kamu ga melakukan service berkala, pasti akan sulit bagimu untuk memenuhi aturan itu.

Bagaimana Sahabat? Sudah paham kan apa sih pentingnya rutin ke bengkel mobil secara berkala. Apalagi jika kamu sedang berencana untuk pergi liburan, mempersiapkan mobil sangatlah penting. Karena pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus mengecek kondisi mobil terlebih dulu sebelum memutuskan untuk bepergian. Apalagi jika mobil kesayanganmu adalah mobil Mazda.

Servis berkala mobil Mazda mahal?

Banyak yang beranggapan bahwa servis berkala mobil Mazda disebut-sebut mahal. Beberapa orang juga beranggapan jika service mobil mazda secara berkala dari segi biaya terbilang biasa-biasa saja. Tapi ada juga yang mengeluhkan jika beberapa model mobil Mazda seringkali mengalami kerusakan. Nyatanya semua itu tidaklah benar lho Sahabat.

Jika melihat studi kasus banyak mobil Mazda yang cepat rusak, ketahanan mobilnya kurang dll, bisa jadi orang yang mengeluhkan itu membeli mobil Mazda bekas yang tidak dirawat oleh pemilik sebelumnya. Atau mungkin, pembeli tidak merawat dan melakukan service mobil secara rutin.

Tahukah Sahabat, jika mobil Mazda kamu tidak ingin cepat rusak, hal yang wajib kamu lakukan adalah servis berkala mobil di bengkel resmi Mazda. Jangan melakukan servis Mazda selain di bengkel resmi, karena kamu tidak akan pernah tahu bagaimana mekanik tersebut memperlakukan mobil Mazda kamu.

Promo spesial servis berkala mobil Mazda

Bukannya biaya servis berkala mobil Mazda mahal ya? Eits tunggu dulu, kata siapa? Di Garasi.id kamu bisa mendapatkan promo servis mazda yang murah lho! Bukan hanya murah, tapi juga resmi alias original no kw kw. Ko bisa? Itu dikarenakan Garasi.id telah bekerjasama dan berkolaborasi dengan Eurokars untuk memberikan layanan dan jasa servis mobil Mazda.

Jadi, bagi kamu pemilik mobil Mazda 2, Mazda 2 Skyactiv, Mazda Biante, Mazda Biante Skyactiv, Mazda CX-3, dan Mazda CX-5 kamu tidak perlu ragu untuk melakukan servis berkala mobil Mazda di Garasi.id. Berbicara soal biaya, di Garasi.id kamu bisa mendapatkan potongan harga hingga 36%, gratis 2 liter oli genuine Mazda, filter oli dan jasa servis secara cuma-cuma lho Sahabat. Nih, cara untuk mendapatkanya.

Untuk mengikuti Promo Spesial servis berkala mobil Mazda ini sangat mudah, hanya dengan mengikuti beberapa tahapan berikut :

  1. Berikan VIN Code (nomor rangka) mobil Mazda anda kepada Garasi.id dengan klik tombol dibawah ini atau silakan hubungi Customer Service Garasi.id di email Clara@garasi.id atau 0817-0250-888
  2. VIN Code (nomor rangka) dapat di lihat di STNK anda
  3. Garasi akan melakukan pengecekan VIN Code (nomor rangka) mobil Mazda anda di sistem
  4. Jika anda termasuk dalam daftar customer Mazda yang terpilih, maka Garasi.id akan memberikan sebuah tautan/ link kepada Anda
  5. Selanjutnya tinggal melakukan pembayaran dan nikmati Promo Spesial servis berkala mobil Mazda

Dengan membeli voucher servis berkala mobil Mazda ini, kamu setuju akan Syarat dan Ketentuan sebagai berikut:

  1. Voucher servis berkala mobil Mazda berlaku 30 hari sejak tanggal pembelian dan tidak dapat diperpanjang.
  2. Kamu akan dihubungi oleh pihak Mazda untuk pengaturan jadwal servis berkala mobil.
  3. Karena terbatasnya tempat, apabila kamu datang tanpa jadwal, maka pihak bengkel Mazda berhak mengaturkan jadwal servis berkala mobil untuk waktu lainnya.
  4. Tunjukkan kode voucher servis berkala mobil Mazda yang kamu dapatkan per email atau lewat menu Akun – Voucher Saya kepada SA (Service Advisor) di cabang Mazda yang sudah kamu pilih.
  5. Pihak Mazda akan melakukan validasi VIN Code (nomor rangka) mobil terlebih dahulu, jika terdapat perbedaan atau tidak masuk dalam program maka akan dikenakan biaya normal dan dibayarkan langsung di bengkel.

Apabila ada pengerjaan lainnya yang tidak termasuk ke dalam scope pengerjaan di paket servis berkala mobil Mazda ini atau, kekurangan pembayaran bisa dilakukan langsung di bengkel.

Promo servis berkala mobil Mazda ini tidak dapat digabungkan dengan promo lain.

Menjelang Lebaran PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) membuka layanan Lebaran Siaga dan program servis. Mazda Lebaran Siaga berlangsung dari tanggal 30 Mei hingga 9 Juni 2019 dan Mazda Service Program dari tanggal 6 Mei hingga 16 Juni 2019.

Mazda Lebaran Siaga merupakan layanan 24 jam di 15 dealer Mazda yang dilalui oleh jalur mudik Lebaran, meliputi kota Medan, Lampung, Jabodetabek, Cirebon, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

Ke-15 dealer tersebut akan tetap buka dan standby selama 24 jam untuk memberikan pelayanan darurat dan perbaikan bagi para pemilik mobil Mazda yang tengah dalam perjalanan mudik. Sedangkan untuk penanganan darurat dapat menghubungi Mazda Contact Center di nomor: 1500985 (24 jam) atau khusus untuk wilayah Jabodetabek dapat menghubungi Emergency Roadside Assistance (ERA) di nomor 14051 (24 jam).

Mazda Berikan Potongan Harga

“Dan selain itu, dengan melihat animo pelanggan yang ingin tetap kendaraannya tampil menarik saat liburan Lebaran ini, maka kami juga akan memberikan paket khusus potongan harga sampai dengan 50%, untuk pembelian aksesoris tertentu selama periode Mazda Service Program, 6 Mei hingga 16 Juni 2019,” kata Igor Panjaitan, Customer Service Director EMI.

Pada saat periode Mazda Service Program, pemilik kendaraan yang melakukan perawatan berkala dengan melakukan service booking serta melakukan penggantian dan penggunaan Mazda Genuine Oil (MGO), Mazda Genuine Deposit Cleaner, Mazda Genuine Brake Cleaner serta Mazda Brake Grease, akan mendapatkan keuntungan berupa Free Check, sesuai item di lembar “Mazda Inspection & Recommendation Sheet”, gratis 1 liter Mazda Genuine Oil (MGO), gratis Oil Filter, serta diskon jasa sebesar 10%.

Di setiap dealer resmi, Mazda memberlakukan program Buy 1 Get 1 Free untuk setiap pembelian Mazda Windshield Washer Fluid selama periode Mazda Service Program ini. Jika diperlukan penggantian baterai, maka Mazda akan memberikan cashback sebesar Rp100.000 untuk setiap penggantian baterai lama merek apapun dengan baterai merek Panasonic Q90 (I-stop).

Customer Service Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Igor Panjaitan mengatakan, hampir semua model Mazda yang sudah dipasarkan terkena masalah. Namun, Igor tidak mau menyebutkan model apa saja yang terkena dampak masalah recall.

“Untuk modelnya saya tidak tahu dan masalah dampaknya saya juga tidak begitu tahu. Tapi, yang pasti untuk semua pengguna Mazda di Indonesia segera meng-check mobilnya,” beber Igor pada saat peluncurkan Mazda MX-5 dan CX-9 di Epiwalk, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/10).

Tapi yang jalan saat ini, kata Igor, Mazda CX-5 dan Mazda2 karena mengalami masalah dan harus segera dilakukan perbaikan. Untuk model Mazda CX-5 mengalami masalah pada penyangga pintu bagasi belakang, sedangkan Mazda2 mengalami masalah pada bagian sistem pendingin ruangan atau AC.

“Mazda CX-5 model lama mengalami masalah pada bagian penyangga bagasi pintu belakang dan Mazda2 ada masalah pada bagian AC. Di mana Ac sewaktu-waktu bisa panas dan bisa dingin. Makanya, itu harus dilakukan update sedkit biar normal lagi,” tegas Igor.

Lebih jauh Igor mengatakan, ada beberapa lagi model yang terkena dampak namun dirinya juga tidak mau menyebutkan. “Ada beberapa lagi tapi saya tidak hafal,” imbuhnya.

Untuk itu, Igor menyarankan, bagi para pemilik Mazda harus segera update mobilnya agar mengetahui apa yang terdampak. Caranya, Anda masuk ke situs resmi Mazda Indonesia, kemudian pilih Mazda Service Program dengan cara memasukan nomer rangka kendaraan (VIN) untuk mengetahui masalah pada mobil.

Jika mobil Anda terkena dampak, Mazda Indonesia akan bertanggung jawab penuh. Para pengguna mobil Mazda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis saat perbaikan.


Tips Memilih Bengkel Mazda Berkualitas untuk Service Mobil

Dalam perawatan mobil, bengkel menjadi salah satu instrumen penting guna menjaga kondisi mobil tetap prima. Karena itu, memilih bengkel untuk perawatan rutin sebaiknya jangan dilakukan asal-asalan. Ada beberapa tips memilih bengkel berkualitas untuk mobil yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan sebelum mempercayakan sebuah bengkel melakukan perawatan atau service pada mobilnya.

Beberapa poin ini penting untuk diperhatikan guna menghindari potensi ‘dikerjai’ oleh oknum nakal yang tak bertanggung jawab. Misalnya, ada part yang masih bagus namun dikatakan sudah harus ganti. Atau menambah pekerjaan yang tidak perlu dan tetap dimasukkan dalam nota penagihan tanpa sepengetahuan konsumen. Yang paling parah, mengganti part asli mobil yang masih bagus dengan komponen palsu. Hal ini tentu sangat merugikan konsumen dan berpotensi membuat kinerja mobil menurun.

Lalu, apa saja poin yang harus diperhatikan? Berikut beberapa tips memilih bengkel mobil berkualitas yang bisa kamu coba.

Mekanik profesional dan bersertifikat

Poin ini sangat krusial karena mekanik menjadi pihak yang bersentuhan langsung dengan kendaraan konsumen. Sebagai pemilik mobil, kamu berhak memeriksa kualitas tenaga kerja mekanik di bengkel tersebut. Bengkel yang memiliki reputasi bagus, pada umumnya akan memajang informasi mengenai mekanik mereka. Memilih mekanik profesional sangat penting guna meminimalisir potensi kesalahan saat proses perawatan kendaraan.

Menerapkan SOP dan Quality Control

Poin ini berlaku bagi manajemen bengkel itu sendiri. Bengkel yang bagus biasanya memiliki standard operating procedure (SOP) yang harus dipatuhi pegawainya ketika menangani kendaraan konsumen. Kepatuhan terhadap SOP ini juga didukung dengan penerapan Quality Control guna memastikan kinerja mekanik maupun pegawai di bengkel sudah sesuai dengan ketentuan yang diterapkan.

Keaslian suku cadang

Selain mekanik dan sistem manajemen, poin berikutnya terkait tips memilih bengkel mobil berkualitas yang harus diperhatikan adalah kelengkapan dan keaslian suku cadang yang disediakan oleh bengkel. Pada bengkel resmi biasanya selalu menyediakan dan menawarkan part asli saat kendaraan konsumen membutuhkan penggantian suku cadang. Terlepas dari apakah perawatan tersebut dilakukan di bengkel resmi atau umum, pemilik mobil harus memastikan part yang dibelinya merupakan suku cadang asli dan bukan KW atau palsu. Harga suku cadang KW memang lebih murah, namun tentu ada potensi risikonya seperti kinerja mobil yang tidak maksimal.

Adapun pada dasarnya, ketika pemilik mobil melakukan perawatan rutin di bengkel maka ia harus mengeluarkan biaya untuk dua hal yakni biaya jasa dan biaya komponen. Pada pembelian mobil baru, konsumen biasanya masih tidak dibebankan biaya jasa setidaknya selama tiga tahun atau 50.000 km (mana yang mencapai lebih dulu). Namun jika kamu membeli mobil second, bonus gratis biaya jasa tersebut mungkin sudah hangus atau sudah terpakai oleh pemilik sebelumnya sehingga kamu harus menyiapkan uang ekstra.

Temukan informasi lain seputar tips perawatan mobil di sini.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

bengkel mazdabengkel mobilmobil mazdaservis mazdaservis mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *